Welcome Comments Pictures

Sabtu, 01 April 2017

Akuntansi Komparatif Amerika dan Asia (Tugas Individu Akuntansi Internasional)

Pada bab ini akan membahas akuntansi dari lima negara, dua di benua Amerika (Meksiko dan Amerika Serikat) serta tiga di benua Asia (Cina, India, dan Jepang). Amerika Serikat dan Jepang memiliki tingkat perkembangan ekonomi yang tinggi, sementara Meksiko, Cina, dan India memiliki perekonomian yang baru “muncul”. Dibandingkan dengan negara lain, Amerika Serikat merupakan pusat perekonomian terbesar dan rumah bagi perusahaan-perusahaan besar bertaraf multinasional. Jepang menjadi negara dengan perekonomian tertinggi kedua serta menjadi rumah untuk bisnis-bisnis terbesar dunia. Kedua negara tersebut merupakan pendiri Komite Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards committee), sekarang menjadi Dewan Standar Akuntansi Intenasional (IASB- International Accounting Standards Board), dan mereka juga memiliki peraturan utama dalam menjalankan agenda IASB. Sebagai tambahan, kedua lembaga pengatur standar tersebut memiliki komitmen untuk memusatkan prinsip akuntansi umum berlaku nasional (GAAP- national generally accepted accounting principles) dengan standar Standar Laporan Keuangan Intenasional (IFRS-International Financial Reporting Standards.
Pada bab ini kami memilih Meksiko karena kami inginmelinatkan negara dari Amerika Latin. Perbaikan sistem free-market (pasar bebas) yang terjadi pada tahun 1990-an banyak terdapat di Amerika Latin. Perbaikan tersebut termasuk juga menghilangkan perlindungan terhadap impor, menerima investor asing, serta privatisasi perusahaan milik negara. Perbaikan-perbaikan tersebut telah menjalar hingga Argentina, Cile, Meksiko, serta Peru. Pada tahun 1994 North American Free Trade Agreement (NAFTA) (Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara) menciptakan minat baru yang besar pada Akuntansi Meksiko di Kanada, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Cina sudah dapat dipastikan sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, perusahaan diseluruh dunia saling bersaing untuk berbisnis disana, sama juga dengan Republik Ceko. Republik Ceko menganut ekonomi pasar secara penuh, sedangkan Cina cenderung ke arah ekonomi pasar sosialis yang merupakan rencana ekonimo dengan adaptasi pasar. India sebagai negara dengan populasi terbesar kedua di dunia digambarkan sebagai “sesuatu yang besar.......Tidak ada yang dapat perusahaan besar internasional lakukan tanpa strategi India”. Perbaikan pada tahun 1991 telah menghasilkan transformasi perekonomian yang baik di india.
Meksiko dan India secara sejarah cenderung tertutup untuk investor asing dan persaingan internasional. Kecenderungan tersebut kini mulai berubah, karena pemerintah kedua negara tersebut telah memprivatisasi industri mereka dan membuka diri terhadap ekonomi global.
Area Cina adalah yang terbesar  dibandingkan dengan negara lain. Perbandingan yang mencolok lainnya adalah pada nilai produk domestik kotor (GDP-gross domestic product) per kapita dan sektor. Secara keseluruhan, Cina dan India merupakan negara termiskin dibanding tiga negara lainnya, dan perekonomian mereka lebih mengarah dan pertanian. Nilai GDP (secara absolut dan per kapita) Amerika Serikat serta kapitalisasi stok pasarnya berada jauh di atas negara lain. Amerika Serikat adalah rekan dagang terbesar Jepang, Meksiko, dan India. Jepang juga memiliki perekonomian yang maju seperti yang terlihat oleh nilai GDP (secara absolut dan per kapita serta sektor) serta kaptalisasi stok pasar.
Sistem akuntansi Amerika Serikat pada awalnya mengambil dari Britania Utara (beserta bahasa Inggris dan sistem peraturan yang berlaku). Kebanyakan akuntan pertama di Amerika Serikat adalah ekspatriat asal Inggris.

Lima Sistem Akuntansi Keuangan Nasional

          Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board-FASB), akan tetapi yang menjadi penyokong kewenangan terhadap standardisasi mereka adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan Kurs (Securities an Exchange Commission-SEC).

Kunci utama yang memungkinkan sistem shared-power ini bekerja dengan efektif adalah 1973 SEC Accounting Series Release (ASR) No. 150, yang mengemukakan:
“komisi bermaksud melanjutkan kebijakan dalam mencari sektor swasta untuk kepemimpinan dalam rangka membangun dan meningkatkan prinsip-prinsip akuntansi. Untuk tujuan praktik kebijakan, prinsip, standar, dan praktik yang dikeluarkan secara resmi oleh FASB dalam interpretasi dari pernyataannya, yang dipertimbangkan oleh komisi yang memiliki dukungan kewenangan substansial, dan bagi yang tidak setuju dengan keputusan FASB akan dianggap tidak memiliki dukungan”

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
          Sistem yang dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan lehgal untuk publikasi mengenai laporan audit periodik keuangan. Perusahaan di Amerika Serikat dibentuk dibawah hukum negara, bukan hukum federal. Audit tahunan serta persyaratan laporan keuangan secra realistis hanya ada pada tingkat federal saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. Oleh karena itu, SEC memiliki yurisdiksi terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar di pertukaran stok AS serta perusahaan yang berdagang over-the-counter.
          SEC memiliki kewenangan penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan kepada perusahaan publik akan tetapi bergantung pada sektor swasta dalam penerapan standarisasi tersebut. Oleh karena itu SEC merupakan agensi regulator yang independen, kongres serta presiden tidak memiliki pengaruh secara langsung tehadap kebijakan yang mereka buat. Bagaimanapun, lima komisi penuh SEC dipilih oleh presiden dan disetujui oleh senat, serta SEC hanya memiliki kewenangan yang diberikan melalui keputusan kongres. SEC mengeluarkan acounting series releases, financial reporting release, dan staf accounting bulletins.
          FASB dibentuk pada tahun 1973 dan pada Desember 2006 terlah mengeluarkan Lporan Standar Akuntansi Keuangan 158 (158 Statements of Financial Accounting Standards-SFASs). Tujuan SFASs adalah untuk menyediakan informasi yang berguna untuk para investor baik yang telah maupun yang berpotensi menjadi investor, kreditor, dan lainnya yang memutuskan untuk mengambil kredit, investasi, dan sebagainya. FASB memiliki tujuh anggota penuh, perwakilan akuntansi firma, akademisi, perusahaan, dan komunitas investor.
          FASB menjalani proses prosedur yang panjang sebelum mengeluarkan SFAS. Dalam rangka mengembangkan agenda kerja, mereka mendengarkan saran dari individu, firma profesional, kehakiman, perusahaan, serta agensi pemerintahan.
          Prinsip akuntansi yang umum berlaku (generally accepted accounting principles-GAAP) terdiri atas seluruh standar akuntansi keuangan, peraturan, dan regulasi yang harus dipatuhi dalam mempersiapkan laporan keuangan, SFASs merupakam komponen utama dari GAAP.
          FASB sekarang merupakan anggota internasioal yang kooperatif, berkomitmen, untuk fokus pada GAAP AS dan IFRS. Pada tahun 2002, FASB dan IASB membentuk komitmen mereka untuk menyatukan tujuan dengan menandatangani yang disebut Norwalk Agreement (Persetujuan Norwalk).
          Sarbanes-Oxley Act memiliki dasar hukum pada tahun 2002, yang secara signifikan memperluas persyaratan AS dalam perusahaan pemerintah, penjelasan dan laporan, serta regulasi profesi. Diantara semuanya yang paling penting adalah pembentukan PCAOB yaitu sebuah organisasi non-profit yang diawasi langsung oleh SEC. PCAOB memiliki tanggung jawab sebagai berikut:
·       Menetapkan audit, oengendalian kualitas, etika, kemandirian, dan standarisasi lainnya yang berhubungan dengan persiapan untuk laporan audit perusahaan agar aman diketahui publik
·       Mengawasi subjek audit perusahaan publik terhadap keamanan hukum
·       Memeriksa akuntansi firma publik yang telah terdaftar
·       Mendukung akuntansi firma publik, serta memberikan kasus kepada SEC atau badan lain untuk menginvestigasi lebih lanjut.

Laporan auditor terdiri atas dua laporan yaitu laporan keuangan dan pengendalian intern. Sebagai contoh, dibawah ini adalah laporan auditor mengenai laporan keuangan pada Colgate-Palmolive di Amerika Serikat:

“Menurut pendapat saya, laporan keuangan yang dikonsolidasi...cukup baik, dalam semua materi, posisi keuangan Colgate-Palmolive Company serta anak perusahaan pada 31 Desember 2005 dan 2004, serta hasil operasional dan arus kas tiap tiga tahun pada periode akhir 31 Desember 2005, secara umum sesuai dengan prinsip yang diterima di Amerika Serikat”

Laporan auditor mengenai pengendalian internal laporan keuangan adalah sebagai berikut ini:

“Menurut pendapat kami, perusahaan telah menjaga seluruh material dengan baik, juga pengendalian internal laporan keuangan yang efekti pada 31 Desember 2005, yang berdasarkan pada kriteria dalam Internal Control-Integrated Framework yang dikeluarkan oleh COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission).

Laporan Keuangan
Tiga laporan keuangan tahunan pada perusahaan terbesar di AS memiliki beberapa komponen dibawah ini:
1.    Laporan manajeman
2.    Laporan auditor independen
3.    Laporan keuangan primer (laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laba rugi komprehensif, perubahan ekuitas pemegang saham)
4.    Diskusi manajemen dan analisis hasil operasional dan kondisi keuangan
5.    Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan
6.    Catatan dan laporan keuangan
7.    Perbandingan data keuangan selama lima atau sepuluh tahun
8.    Data triwulan terpilih

Patokan Keuangan
          Peraturan patokan keuangan di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar hitung akrual cukup meresap, serta peraturan transaksi dan pengenalan event sangat bergantung pada konsep yang cocok.
          Penggabungan bisnis harus dihitung seperti sebuah pembelian. Goodwill dikapitalisasi sebagai selisih antara harga pasar yang dipertimbangkan dalam pertukaran dengan harga pasar dibawah aset bersih yang diperoleh (termasuk semua aset tak berwujud yang lain). Amerika Serikat bergantung pada harga perolehan untuk menilai aset berwujud dan aset tidak berwujud.
          LIFO, FIFO dan metode biaya rata-rata diperbolehkan dan telah digunakan secara luas untuk penetapan harga persediaan. LIFO sudah populer karena dapat digunakan untuk tujuan pajak pengehasil federal. Bagaimanapun, LIFO digunakan untuk tujuan pajak, harus digunakan juga untuk tujuan pelaporan keuangan. Surat-surat berharga yang dapat dipasarkan memiliki nilai di pasar jika surat-surat tersebut termasuk dalam beld-to-maturity dan dinilai pada harga perolehan.

          Saat financial lease menjadi bahan dalam pembelian properti, nilai properti tersebut dikapitalisasi dan korespondensi kewajiban dibukukan. Pendapatan pajak dihitung menggunakan metode kewajiba. Pajak yang ditangguhkan diakui karena pengaruh perbedaan sementara antara metode akuntansi pajak dengan keuangan, serta dihitung berdasarkan tingkat pajak yang akan datang yang akan digunakan saat item tersebut kembali. Dibutuhkan alokasi pendapatan pajak yang komprehensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar