1.
Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
Jawab : Pemasaran/marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia
2.
Mengapa
pemasaran sering disebut juga permintaan ?
Jawab : Karena manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan. Menurut Fuad, dkk (2008 : 124) ada delapan permintaan yang berbeda-beda. Pada tiap keadaan, ada tugas tertentu yang harus dilakukan manajemen pemasaran. Kedelapan permintaan tersebut, yaitu 1. Permintaan negatif (negative demand)
2. Tidak ada permintaan (no demand)
3. Permintaan terpendam (latent demand)
4. Permintaan yang menurun (falling
demand)
5. Permintaan yang tidak teratur
(irregular demand)
6. Permintaan penuh (full demand)
7. Permintaan yang berlebihan (overfull
demand)
8. Permintaan yang tidak sehat
(unwholesome demand)
3. Jelaskan apa
perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran! Berikan
contohnya masing-masing 2 contoh!
Jawab : Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran Kebutuhan dalam konsep pemasaran merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasaran. Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginana untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.
a) Kebutuhan adalah fungsi dasar atas sesuatu yang
secara esensial diperlukan. Contoh :
1. Kebutuhan manusia untuk makan agar dapat
memenuhi nutrisi
2. Kebutuhan manusia untuk berpakaian
b) Keinginan adalah semua fungsi tambahan yang
jika tidak ada sebenarnya tidak
mengganggu hidup anda akan tetapi anda mengharapkan untuk bisa mendapatkan
fungsi tambahan tersebut. Contoh :
1.
Keinginan manusia untuk membeli gadget mahal
2.
Keinginan manusia untuk membeli perhiasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar